Cara Menggunakan GPS Di Android

Untuk memaksimalkan sebuah hanphone android terutama dibidang penggunaan GPS tidak ada salahnya kali ini saya membuat tips cara menggunakan GPS di android. Karena biasanya setiap orang tidak benar-benar menggunakan handphone android nya secara maksimal, padahal handphone yang sudah terbilang canggih ini bisa kita maksimalkan fungsinya terutama dalam menentukan lokasi peta yaitu dengan aplikasi yang sudah pasti terinstal disetiap handphone dengan sistem android seperti Samsung. Aplikasi ini bernama Maps. Maps adalah aplikasi yang bisa kita gunakan untuk melihat atau menentukan peta suatu tempat secara online maupun offline, maksud dari offline adalah kita bisa melihat peta tanpa menggunakan biaya internet jika peta itu sudah tersimpan. Jadi meskipun ketika kita tidak mempunyai paket data, kita tetap bisa melihat dan menentukan peta secara offline. Tidak hanya itu saya, Aplikasi ini adalah aplikasi gratis yang disediakan oleh pihak google.
Contoh dalam penggunaan aplikasi ini adalah disaat kita dalam perjalanan yang belum  pernah kita kunjungi sebelumnya semisal perkotaan yang memiliki banyak sekali jalan-jalan yang membuat kita bingung dari arah mana seharusnya kita lewati atau dari jalan manakah jalan yang paling dekat untuk menuju lokasi tujuan dari lokasi tempat kita berdiri.
Untuk mempersingkat waktu kita langsung lihat caranya dibawah ini.
  1. Pertama aktifkan terlebih dahulu pengaturan GPS di android kita yaitu dari Pengaturan lalu pilih Layanan lokasi, dibagian ini pilih atau centang pilihan Gunakan satelit GPS dan Pencarian Lokasi agar sistem gps di hanphone kita aktif. Untuk cara ini mungkin berbeda disetiap tipe hanphone android yang kita miliki, tetapi setidaknya ada persamaan sedikit.
  2. Setelah GPS nya aktif, buka aplikasi Maps. Cara ini saya peruntukan untuk aplikasi maps yang belum diperbaharui yaitu versi 6.14.3. kenapa saya menggunakan versi yang ini? Ya karena menurut saya kebanyakan setiap orang belum mengupgrade atau memperbaharui aplikasi maps nya dari playstore.
  3. Untuk menentukasi titik tepat lokasi kita beridri saat ini adalah dengan memilih tombol kecil dengan garis empat kecil di sekelilingnya seperti terlihat dengan gambar dibawah ini
    Maps
    Tombol ini fungsinya adalah untuk menentukan atau mencari lokasi tepat dimana kita berdiri saat ini. Mungkin untuk maps yang sudah diperbaharui, tombol ini berada dipojok bawah kanan. Dengan perbedaan aplikasi yang sudah diperbaharui atau belum bagi saya tidak terlalu sulit untuk memahaminya. Karena saya yakin pasti anda dengan mudah akan mengerti. Agar android tepat dalam menentukan lokasi kita, disarankan agar berdiri dibawah langit biru yang cerah, jangan didalam ruangan seperti didalam rumah atau dibawah pepohonan. Jika sudah tepat akan terliat titik biru kecil dengan lingkaran yang kecil yang menandakan tepatnya lokasi kita berdiri. Jika lingkarannya besar itu menandakan bahwasannya lokasi tersebut tidak tepat. Titik biru ini akan mengikuti kita jika kita berjalan. Nah dari sini lah kita bisa mengetahui jalan-jalannya.
  4. Untuk mencari jalan yang paling dekat ke lokasi yang akan kita tuju adalah dengan cara memilih tombol seperti kaca pembesar lalu ketik dipencarian lokasi yang kita tuju. Contoh saya ingin mencari “martabak kasman” dalam pencarian. Setelah ketemu lalu pilih Get Directions, maka maps akan mencari jalan yang paling dekat untuk menuju lokasi yang ingin anda kunjungi tersebut. Sekarang kita tinggal ikutin titik biru kita sampai menuju ke lokasi yang kita tuju.
  5. Untuk menyimpan peta secara offline pilih tombol kiri handphone kita, lalu pilih Make available offline. Geser perbesar atau perkecil sampai kotaknya tidak merah lagi. Lalu pilih done.
Dengan aplikasi ini kita akan sedikit terbantu dalam perjalanan kita. Mungkin cukup sekian dulu cara dari saya yaitu menggunakan GPS di android. Lain kali akan saya bahas lagi caranya lain waktu. Terima kasih telah membaca artikel singkat dari saya.
4 Komentar untuk "Cara Menggunakan GPS Di Android"

Saya Sudah Coba Gan,,,
Dan Succes Gan. . .
Thanks For Artikelnya :D

Sayangnya hp saya cuma ada A-GPS.. jadi kuranag akurat... ;(

Ninggalin jejak aja ya gan.

GPS nonaktif aja deh, biar hemat baterai :D

thanks buat infonya,,nice post

http://obatherbalampuh.com/

Back To Top